Sumber Daya Obsidian Meksiko

By:

Deposito obsidian Meksiko adalah deposito obsidian terbesar ketiga di dunia dan terletak di sebelah barat kota Guadalajara. Endapan-endapan obsidian ini hanya kuno oleh endapan dari Dataran Tinggi Oregon dan Lembah Rift Afrika. Obsidian terbentuk ketika lava mendingin atau degass dengan cara yang berbeda.

Obsidian di West Mexico mungkin dimulai ketika lava mengalir dari retakan di sisi Gunung Berapi Tequila jutaan tahun yang lalu yang setelah letusan gunung berapi lebih mencolok ke udara. Lebih banyak lahar yang datang kurang dari 90.000 tahun yang lalu dari daerah Colli di mana saat ini kita menemukan Hutan Primavera. Hal ini mengakibatkan poros Tequila-Colli menjadi salah satu zona penambangan kuno yang sangat besar di dunia untuk kaca alami ini yang menyediakan penduduk pra-Columbus dari apa yang saat ini Meksiko barat dengan "karunia para dewa" tak ternilai, yang jelas menciptakan takdir mereka. .

Potongan besar obsidian dibuat menjadi objek dengan menggunakan tangan kosong dan gergaji. Potongan-potongan obsidian ini dibuat menjadi patung-patung ultra-modern ramping semua tampak menjadi hitam. Potongan-potongan ini menarik dengan beberapa hewan mewakili dan beberapa hanya bentuk sederhana dari benda yang sangat chic yang berwarna hitam dan semua indah dipoles.

Benda-benda atau bola-bola ini terbuat dari obsidian sangre-de-indio (Indian Blood) dan harus dibawa ke matahari untuk menghargai warna mereka. Sungguh menakjubkan bagaimana potongan berbentuk air mata yang tampak hitam di naungan dalam ruangan akan hidup di bawah sinar matahari, menerangi garis warna terang yang sangat di bawah permukaan. Ini dikenal sebagai pelangi obsidian. Beberapa bagian ketika berubah di sinar matahari akan berkilauan dengan kilau emas atau perak.

Para pengrajin Navajas memulai dengan menciptakan kupu-kupu dan hati kecil. Seiring waktu berlalu, mereka diberi model tanah liat yang dibuat oleh pematung Meksiko yang cakap dan mereka berani membuat karya seni dalam obsidian. Segera setelah itu mereka menciptakan patung-patung elegan yang telah menemukan jalan mereka ke museum dan luar negeri. The obsidian sangre-de-indio adalah dari bukit di luar Navajas, tetapi tempat dengan obsidian terbaik berasal dari sebuah kota kecil sekitar 65 kilometer sebelah utara dari sana.

Arkeolog Rodriguo Esparza, yang disebut sebagai "Detektif Obsidian," menjelaskan bahwa warna-warna dalam obsidian berasal dari jejak berbagai mineral yang tertanam di dalamnya. Sejumlah sangat kecil besi memberi Anda merah, sementara sedikit tembaga membuatnya hijau. "Analisis Aktivasi Neutron memberi kita cetakan dari setiap elemen jejak terakhir dalam sepotong obsidian," kata Esparza. Mereka memiliki ukuran yang tepat dari unsur langka seperti rubidium, lanthanum dan molybdenum dan mereka sekarang dapat membuktikan bahwa artifak obsidian yang digali di California awalnya berasal dari tambang obsidian di negara bagian Jalisco di Meksiko.

Telah dipelajari tentang banyak cara obsidian yang digunakan di masa lalu. Tidak ada pisau logam di bumi dapat memiliki ujung yang tajam seperti pisau obsidian karena obsidian adalah kaca dan tidak memiliki struktur kristal, sementara logam terbatas pada susunan pembatasan kristal mereka. Sebuah pisau bedah obsidian jauh lebih tajam daripada pisau logam.

Obsidian digunakan untuk membuat 'macahuitl,' sebuah pedang kayu datar yang berujung dengan bilah obsidian. Itu juga digunakan untuk membuat panah, pencakar, perhiasan dan berbagai benda lainnya.

Deposit obsidian yang paling ingin tahu adalah tambang San Isidro Mazatepec, yang hanya dapat dimasuki oleh merangkak di tangan dan lutut seseorang dan memiliki koloni kelelawar vampir yang tidak senang dengan gangguan apa pun.

Tanpa ragu, bagi orang-orang tanpa alat-alat logam, obsidian adalah karunia ilahi yang memberi mereka pisau dan kepala panah paling tajam yang bisa dibayangkan untuk berburu, makan, dan berkelahi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *