Rumah di Oaxaca, Meksiko: "Mengapa Banyak Rumah Belum Selesai?"

By:

Saya mengajukan pertanyaan setidaknya sebulan sekali: Mengapa ada begitu banyak rumah di Oaxaca mulai dan tampaknya belum selesai? Ini adalah salah satu pemandangan paling luar biasa di kota kolonial Meksiko selatan ini, serta di kota-kota di pinggirannya dan lebih jauh lagi. Fenomena ini terlihat jelas saat melintasi jalan raya yang menghubungkan seluruh lembah pusat.

Pekerjaan rumah bata sudah selesai, tetapi tidak ada panel di jendela, dan jika tidak tampak jelas bahwa tidak ada orang yang hidup di dalam sapi-sapi tunai ini, bangunan-bangunan yang jelas-jelas memiliki cukup banyak investasi di dalamnya. Dan bahkan jika rumah-rumah selesai, dan dihuni, rebar itu tetap meluas ke langit dari atap. Mengapa ditinggalkan di sana, merusak pemandangan dengan standar barat?

Ini adalah kesalahan yang meninggalkan batang baja yang diperkuat utuh di bagian atas atap Anda menandakan bahwa rumah Anda belum selesai dan dengan demikian Anda tidak harus membayar pajak realty. Bahkan, setidaknya di kota Oaxaca dan pinggiran kota, pada awal reformasi pajak tahun 2000-an mulai dilaksanakan, di mana Anda menjadi dinilai berdasarkan kedua tanah Anda, dan ruang layak huni Anda, pada tingkat yang berbeda. Anehnya setiap struktur dengan atap beton dianggap ruang layak huni, dan dengan demikian dikenakan pajak pada tingkat yang lebih tinggi. Bahkan carport hanya digunakan untuk kendaraan. Anda lihat, banyak orang Oaxacans menata carports mereka dan menggunakannya lebih untuk hidup dan menghibur, daripada untuk kendaraan parkir, dan beberapa penduduk bahkan tidak memiliki mobil atau truk. Banyak penduduk yang mengatur peraturan dengan membangun langit-langit buluh sungai yang dikenal sebagai carrizo, sehingga menjaga kendaraan mereka tetap teduh dan tidak harus membayar tarif yang meningkat. Dalam kasus kami, atap beton kami hanya digunakan untuk kendaraan kami, jadi kami harus menegosiasikan masalah dengan departemen pajak.

Karena banyak pemilik rumah yang sederhana, Anda diberi pilihan untuk memiliki arsitek resmi pemerintah datang ke rumah Anda untuk melakukan pengukuran dengan suatu pandangan untuk kemudian menghitung kenaikan, atau, menunda proses. Jika memilih yang terakhir, tarif baru hanya menjadi efektif setelah kematian Anda, atau penjualan rumah, dengan hukuman, bunga dan pajak kembali diteruskan ke ahli waris Anda atau pembeli. Biarkan negosiasi dimulai! Kami memilih untuk mengambil banteng dengan tanduk, melakukan penilaian ulang, dan segera mulai membayar sekitar sepuluh kali lebih banyak daripada yang sebelumnya kami bayar, masih relatif murah dengan apa yang kami bayar sebagai pemilik rumah di Toronto, bahkan tanpa bonus sekarang dikenai pajak pada tingkat lansia (lebih dari 60), yaitu 50% dari tarif pajak reguler untuk tempat tinggal utama. Pada akhirnya nanti anak perempuan kami akan mewarisi sedikit lebih sedikit untuk membebankan pajak transisi.

Lalu mengapa rebar? Setelah kematian mereka dan sebelumnya, sebagian besar orang Oaxaca memiliki sedikit untuk menawarkan anak-anak mereka selain dari rumah mereka, atau lebih baik menempatkan di mana rumah-rumah yang ada mereka berada. Dengan demikian, selalu ada dalam kontemplasi membangun tingkat kedua atau ketiga ke rumah, ketika dana menjadi tersedia dengan kecepatan siput, dan kapan waktu yang tepat. Jika Anda memotong rebar memanjang setelah menyelesaikan konstruksi awal Anda, dan kemudian memutuskan untuk membangun tingkat lain, itu lebih mahal; daripada hanya mengikat ke dalam rebar lama, Anda harus memecah beton untuk mengakses rebar telanjang yang digunakan dalam konstruksi sebelumnya. Ada rasa estetika yang berbeda, atau, lebih mungkin, prioritas ditempatkan pada ekonomi. Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk meninggalkan rebar.

Kembali ke semua rumah yang sebagian selesai, semuanya berhubungan kembali dengan biaya pinjaman di Meksiko, dan fakta bahwa Oaxaca adalah salah satu negara bagian termiskin di negara dengan sebagian besar penduduknya kekurangan tabungan. Hanya yang tidak lihai atau yang sangat kaya yang memiliki hipotek (dalam hal ini, beli apa saja dengan kredit). Saya telah melihat suku bunga serendah 9% dan setinggi 65%, untuk pinjaman terjamin. Mengenai yang terakhir, beberapa tahun yang lalu saya sedang mempertimbangkan membeli skuter untuk putri dewa favorit kami. Membeli secara kredit akan membutuhkan biaya 65% per tahun.

Jadi, normalnya adalah membeli ketika Anda memiliki uang tunai di tangan. Ini berarti jika Anda ingin membangun di sebidang tanah, Anda membeli 1.000 batu bata, lalu seribu lainnya, lalu blok, kemudian rebar, dan kemudian semen. Anda menyewa tukang batu Anda, dan tukang ledeng Anda yang mengasar instalasi di bawah tanah. Anda membangun, lalu menyimpan, lalu membangun lebih banyak. Anda dapat meninggalkan "obra negra" seperti yang diistilahkan, tanpa batas, tanpa mempedulikan pencurian karena tidak ada yang harus dicuri.

Anda kemudian dapat memiliki listrik Anda memecahkan beton interior, batu bata dan blok, untuk memasang kawat dan koneksi untuk switch dan sejenisnya. Setelah instalasi dan sisa rumah telah ditutupi dengan beton, lagi-lagi tempat tinggal masa depan Anda aman dari vandalisme dan pencurian (ya mengakui bahwa tembaga masih dapat diakses, namun agak sulit dengan semen yang menutupinya). Itu adalah "obra gris." Ini, juga, dapat ditinggalkan, tanpa pengawasan, tanpa batas.

Hal tersebut di atas adalah dua tahap konstruksi rumah yang paling umum yang diselesaikan seseorang yang mengendarai jalan dan jalan raya di sekitar kota Oaxaca, lembah pusatnya dan seterusnya. Itu semua masuk akal secara ekonomi sementara pada saat yang sama memberi pemilik rumah dalam kemajuan tingkat keamanan yang masuk akal. Sementara menunda penyelesaian rumah, itu menghindari dibebani dengan tingkat bunga hipotek yang mahal.

Anggota keluarga sering menyediakan beberapa tenaga kerja yang terlibat dalam kemajuan dengan dua tahap konstruksi ini. Namun, penyelesaian rumah sering membutuhkan lebih banyak perdagangan khusus, dan seiring dengan pengeluaran keuangan yang jauh lebih signifikan. Jadi, kita menemukan banyak rumah di panggung "obra gris", yang tersisa di sana selama bertahun-tahun jika tidak satu dekade atau lebih.

Fase konstruksi akhir melibatkan penyelesaian seperti pekerjaan ubin yang lebih detail dan lebih halus, lukisan, bingkai pintu dan jendela dan kaca, perlengkapan listrik dan instalasi pipa, dan sebagainya. Khususnya mengenai yang terakhir, seseorang umumnya tidak meninggalkan rumah yang diselesaikan sebagian tanpa pengawasan pada keadaan konstruksi ini, dan jadi paling sering seorang penjaga malam atau "velador" akan disewa untuk memastikan keamanan. Baru setelah itu keluarga siap untuk pindah, dan rumah dari semua penampilan luar akan tampak selesai – dengan rebar namun diperluas ke langit.

Jadi ingat saja, rumah yang belum selesai mungkin merupakan tanda dari keluarga pekerja keras yang berjuang untuk mendapatkan semuanya bersama-sama, untuk dirinya sendiri dan anggota perorangannya, tanpa menyerah pada tekanan untuk meminjam dengan tingkat bunga yang sering terlalu tinggi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *