Gunung Berapi Popocatepetl dan Iztaccihuatl Meksiko

By:

Gunung Api legendaris 'Popocatepetl' dengan 'puncak salju putihnya yang menjulang tinggi dapat dilihat pada hari yang cerah dari metropolis besar Mexico City. Gunung Api Popocateptl di Meksiko adalah kerucut gunung api yang curam yang terletak sekitar 45 mil di sebelah tenggara Mexico City dan menjulang setinggi lebih dari 17.000 kaki. Gunung megah ini mempesona bagi pemirsa yang melihat dan tertutup salju sepanjang tahun. Gunung Api Popocateptl telah menangkap imajinasi orang-orang sepanjang masa dan memiliki kisah yang menjangkau kembali ke dalam kabut waktu. Di sebelah Gunung Berapi Popocateptl adalah gunung berapi Iztaccihuatl. Iztaccihuatl artinya, "wanita kulit putih" di Nahuatl. Gunung ini sebenarnya memiliki empat puncak, yang tertinggi mencapai 17.158 kaki dan banyak yang melihat siluet sebagai menyerupai seorang wanita yang sedang tidur.

Gunung berapi Iztaccihuatl terletak di sebelah Gunung Api Popocateptl. Berbicara secara geografis, dua gunung berapi ini mewakili gunung tertinggi kedua dan ketiga di Meksiko. Iztaccihuatl adalah gunung berapi yang sudah punah. Popocatepetl masih aktif setelah memuntahkan asap dan abu baru-baru ini pada tahun 2001. Popocateptl berarti "Gunung Merokok" dalam bahasa Nahuatl. Seperti mitologi Aztec, Popocateptl dan Iztaccihuatl dulunya adalah manusia yang sangat mencintai. Legenda ini adalah tentang dua kekasih yang bernasib sial, pejuang muda yang pemberani, Popocatepetl dan sang putri Iztaccihuatl. Ayah Iztaccihuatl yang adalah seorang penguasa yang kuat, menempatkan permintaan pada Popocatepetl sebelum dia bisa mengambil Iztaccihuatl sebagai mempelainya. Dia mengharuskan Popocatepetl untuk pertama kalinya bertempur melawan musuh suku dan kembali menang. Beberapa variasi dari legenda ini termasuk ketentuan bahwa Popocatepetl harus kembali dengan kepala musuh sebagai bukti kesuksesannya. Cerita memilikinya Popocatepetl pergi berperang dengan.

Iztacclhuatl menunggu kembalinya kekasihnya. Popocatepetl memenangkan pertempuran dan siap untuk kembali ke Iztacchuatle ketika kata mencapai penguasa bahwa prajurit telah terbunuh. Setelah mendengar berita palsu, sang putri, Iztaccihuatl jatuh sakit dan menyerah pada kesedihan mendalamnya, sekarat karena patah hati. Ketika Popocatepetl kembali kepada orang-orangnya dengan kemenangan, dia menemui kematian orang-orang yang dicintainya dan dia sangat sedih dan tidak bisa dihibur.

Popocateptl membawa tubuh Iztaccihuatl ke pegunungan di mana ia memiliki tumpukan kayu bakar untuk putrinya dan dirinya sendiri. Duka, dia mati di sebelah kekasihnya. Para Dewa, yang tersentuh oleh nasib para kekasih, mengubah manusia menjadi gunung sehingga mereka akhirnya bisa bersama. Hari ini, mereka tetap bersama Popocatepetl yang tinggal di atas puterinya, Iztacclhuatl. Kadang-kadang, Popo akan memuntahkan abu, mengingatkan semua orang yang memperhatikan bahwa dia selalu hadir dan bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan sisi Izta yang dicintainya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *