Cara Memilih Perangkat Lunak Pengelolaan Inventaris Terbaik

By:

Dalam skenario pasar saat ini, di mana ada persaingan ketat antar bisnis, salah satu rahasia untuk mempertahankan adalah memiliki pelanggan yang puas. Memuaskan pelanggan adalah salah satu hal yang paling sulit; Namun, salah satu cara untuk menyenangkan mereka adalah memberikan produk yang mereka inginkan dan tepat waktu. Dan, untuk ini, penting bagi Anda memiliki persediaan produk yang Anda tangani dan ketahui apa yang Anda miliki dalam stok dan apa yang tidak Anda miliki. Jika Anda tidak mengetahui stok di gudang Anda, Anda mungkin akhirnya kehilangan baik pelanggan dan uang pada penjualan yang harus terjadi atau menghabiskan segepok besar uang dengan menyimpan persediaan berlebih. Di sinilah manajemen persediaan ikut bermain.

Manajemen persediaan adalah proses yang membantu dalam melacak dan mengelola barang yang ditebar. Ini membantu bisnis untuk mengelola aliran barang konstan dan mencegah aliran barang berlebih atau menurunkannya ke tingkat yang dapat menimbulkan masalah bagi perusahaan. Dengan demikian, membuat manajemen persediaan tidak hanya penting untuk toko ritel (baik online maupun offline) tetapi juga untuk setiap bisnis yang perlu menyimpan stok barang, baik itu bahan baku atau produk jadi.

Sebagian besar bisnis mulai mengelola inventaris mereka di spreadsheet, yang menyulitkan mereka untuk melacak stok, pengiriman, dan pengiriman produk dll. Selain itu, kesalahan saat memberi makan data pada lembar ini adalah salah satu hal paling umum yang terjadi ketika mengelola inventaris secara manual. Selain itu, tidak hanya memakan waktu, tetapi juga membutuhkan banyak sumber daya tambahan, yang pada akhirnya akan menjauhkan Anda dari fokus pada bisnis inti, mengesampingkan tujuan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang lebih puas.

Otomasi adalah jalan keluarnya. Menerapkan perangkat lunak sistem kontrol inventaris yang baik dan kuat akan membantu Anda tidak hanya mengatur gudang dan mengurangi biaya penyimpanan tetapi juga akan membantu dalam menghemat waktu, menurunkan biaya operasional dan meningkatkan efisiensi. Tapi, dengan sejumlah Solusi Sistem Inventori

tersedia di pasar, memilih perangkat lunak manajemen persediaan yang terbaik dapat menjadi rumit. Untuk mempermudah Anda, berikut adalah daftar hal-hal yang harus dimiliki oleh perangkat lunak pengelolaan inventaris yang baik –

  • Pelacakan Inventaris: Saat memilih perangkat lunak manajemen inventaris terbaik, pastikan perangkat lunak dilengkapi dengan fitur pelacakan inventaris. Ini adalah salah satu fungsi utama dari perangkat lunak tersebut. Fitur ini tidak hanya akan membiarkan Anda melacak stok di gudang Anda tetapi juga akan membuat Anda diperbarui tentang barang yang diterima dan jumlah kiriman yang dipenuhi.
  • Manajemen Gudang: Jika Anda memiliki gudang yang terletak di lokasi berbeda, mengelolanya secara manual tidak mungkin. Saat memilih perangkat lunak, Anda harus memastikan bahwa itu dilengkapi dengan fitur manajemen gudang. Fitur ini memungkinkan Anda melacak tingkat persediaan, mengelola transfer antar-gudang dan menghasilkan laporan dari setiap gudang, terlepas dari lokasinya.
  • Harga: Harga adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli perangkat lunak. Ada sejumlah perangkat lunak yang berbeda untuk mengelola persediaan tersedia di pasar mulai dari Rs. 1800 – Rs.2000 yang bisa naik ke Rs. 2 lakh, tergantung pada fungsi yang mereka tawarkan. Anda dapat memilih perangkat lunak tergantung pada kebutuhan bisnis Anda.
  • Pelaporan & Analisis: Solusi manajemen inventaris yang baik dilengkapi dengan fitur pelaporan dan analitik. Analytics adalah fitur penting karena menyediakan gambaran umum tentang gudang serta stok yang tersedia, memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Demikian pula, pelaporan memungkinkan Anda mengetahui tentang permintaan dan penawaran produk tertentu dan menentukan persyaratan inventaris.
  • Mengimpor & Mengekspor Data: Sebagian besar dari Anda mungkin menggunakan spreadsheet atau alat online gratis untuk mengelola inventaris. Namun, jika Anda berencana menerapkan sistem yang kuat untuk mengelola inventaris, pastikan perangkat lunak yang Anda pilih hadir dengan fitur pengimporan dan pengeksporan data. Ini akan membiarkan Anda mengimpor atau mengekspor data yang telah Anda pertahankan. Juga, perangkat lunak harus mampu menyimpan data dalam format yang sama yang telah Anda pertahankan.

Daftar bisa terus dan terus karena setiap perangkat lunak dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Namun, ini adalah beberapa hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan saat memilih perangkat lunak manajemen inventaris terbaik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *